Friday 16 March 2012

saling mendengarkan (friendship)


Salah satu hal yang paling penting yang bisa dilakukan sahabat buat kita adalah menyimak apa yang kita katakan. Saat kita sedih, frustasi, takut, agak-agak bete, atau yaaa akui aja deh ya GALAU, punya teman yang mau mendengarkan akan sedikit meringankan beban. Ketika seorang teman benar-benar mendengarkan... kamu akan tahu kalau mereka benar-benar peduli sama kita. Kita berbicara untuk menciptakan hubungan satu sama lain. Apa yang kita bicarakan bisa jadi hanya obrolan sehari-hari, tapi itu bisa membantu kita untuk belajar tentang satu sama lain, untuk saling berhubungan, untuk saling meyakinkan bahwa pikiran dan perasaan kita baik-baik saja. Sahabat membantu kita dalam menyelesaikan masalah dan menjernihkan pikiran kita. Ketika kita dan sahabat saling mendengarkan, ga ada satu hal pun yang ga penting untuk dibicarakan. terkadang apa yang kita bicarakan itu adalah sebenarnya hal yang menggangu pikiran kita, tapi... saat kita mencurahkannya kepada sahabat kita akan mengutarakan perasaan kita yang sebenarnya.
Kita semua tahu kalau seorang sahabat itu hebat banget dalam hal ngasih saran, tapi kadang-kadang yang benar-benar kita butuhkan adalah seseorang yang benar-benar kita percayai buat mendengarkan kita. "Mendengarkan adalah hadiah terbaik yang bisa diberikan oleh seorang sahabat" . Dan menurutku hal terbaik yang pernah dilakukan oleh seorang sahabat kepadaku adalah mendengarkan. Dia nggak bakal pernah ngomong, dia juga nggak bakal pernah menggurui, nggak bakal ngasi saran kecuali diminta, nggak bakal pernah menyanggah, nggak bakal pernah menekan kita dengan banyak pertanyaan. Dengan semua rasa frustasi yang hadir dalam masa remaja yang kita jalani, punya seorang sahabat yang akan membantu kita dengan semua kemarahan kita, sahabat bisa membantu mengeluarkan semua kemarahan itu supaya kita dapat melangkah lagi. salah satu hal terbaik tentang punya sahabat adalah tahu kalau kita punya seseorang yang kita tuju ketika kita ingin bicara. Nggak peduli apakah kita hanya butuh tempat untuk mengeluarkan unek-unek yang ada di hati atau waktu kita lagi punya masalah berat dan butuh curhat berjam-jam,kita tahu kalau sahabat kita bakal mendengarkan dengan telinganya, pikiran yang terbuka, dan hati yang prnuh kasih sayang.
Saat kita saling mendengarkan dan belajar untuk memercayai sahabat kita, hubungan kita jadi lebih kuat, Berbagi perasaan dan pikiran kita yang terdalam dari keberadaan kita. Dan jika takdir memisahkan kita dari sahabat kita, kita bisa tetap saling berhubungan lewat kenangan indah yang kita miliki bersama" (novel Girlfriends)

No comments:

Post a Comment